Tikus!


Ada beberapa pertanyaan yang kemarin terngiang-ngiang di kepala saya. Semuanya tentang tikus (hei, ini hanya soal pengklasifikasian, tentu saja tak semua pertanyaan yang muncul di kepala saya tentang tikus).
  1. Kenapa Walt Disney mendeskripsikan tikus selucu Mickey dan Mini Mouse?
  2. Kenapa Hanna & Barbera mendeskripsikan tikus secerdik Jerry (dalam Tom and Jerry)
  3. Kenapa Iwan Fals mendeskripsikan tikus sebagai sesuatu yang sangat kotor
  4. Kenapa walaupun mickey, mini, jerry itu lucu dan cerdik, saya tetap setuju dengan deskripsinya Iwan Fals?

Nah, dengan sedikit usaha (tentu saja “sedikit” karena saya hanya perlu googling), inilah jawabannya :
  1. Walt Disney semasa kecilnya sering melihat tikus berkeliaran di ladang milik pamannya. Tikus-tikus liar itu sangat menjijikan. Akhirnya Walt Disney terpacu untuk membuat sosok tikus yang lucu, menarik dan tidak menjijikan. Maka jadilah Mickey dan Mini Mouse. Kedua tikus ini bahkan sangat polos dan baik hati
  2. Wiiliam Hanna melihat kucing sedang menerkam tikus di dapurnya. Ia pun mendapat ide untuk menjadikan permusuhan (sebenarnya lebih tepat disebut “permangsaan”) itu menjadi lucu. Kemudian ia bersama Joseph Barbera membuat animasi Tom and Jerry. Jerry adalah tikus yang bebas, cerdik, sedikit lugu dan sangat beruntung (yah..karena sampai sekarang Jerry tak pernah tertangkap oleh Tom, sebaliknya Tom selalu tertimpa musibah saat mengejar-ngejar Jerry)
  3. Iwan Fals dengan lagunya “Tikus Kantor” memaknai tikus sebagai sebuah simbol pejabat yang rakus, suka korupsi dan tidak peduli terhadap penderitaan rakyat.
  4. Saya mendeskripsikan tikus dengan arti yang sebenar-benarnya tikus. Besar, hitam, memang menjijikan, datang dari rumah sebelah, mengendap-endap, mengacak-acak tempat sampah, lalu ketika ketahuan saya, tikus itu kembali ke rumah sebelah. Selain menjijikan tikus juga menyebalkan
  5. (jawaban yang terakhir ini bukan hasil googling lho). Jadi, rasa-rasanya, deskripsinya Iwan Fals lebih tepat dan apa adanya.

Yah.. bagaimanapun, tikus juga ciptaan Allah. Dan Allah tidak pernah menciptakan sesuatu dengan sia-sia.  



0 Response to "Tikus!"

Posting Komentar