Welcome Jaunty Jackalope !!


Tepat seminggu sudah, si Jaunty Jackalope hadir. Jadi sekarang si leppy mendua. Dual booting, Windows XP (tentu saja bajakan) dan Ubuntu 9.04 Jaunty (bukan bajakan dan gratis). Setelah merasa mempunyai sedikit bekal dari pelatihan linux yang diadakan di kantor yang cuma 5 hari (sisa 1 hari lagi), saya "menekatkan diri" untuk menginstall Ubuntu 9.04.

Kenapa 9.04?
(padahal tutor yang ngajar udah pake 10.4 -_-'). Waktu saya tanya dan protes (karena Ubuntu sekarang udah sampe 10.10), ternyata alasannya adalah karena komputer di lab kantor yang dipake buat pelatihan, semuanya sudah terinstall 9.04 sejak lama.


Bagaimana rasanya memakai Ubuntu?
Susah (pasti..), ribet (jelas..), bikin pusing (tentunya..), ini bagi saya yang cuma seorang end user yang tak punya background IT sama sekali. Katanya sih kalo Ubuntu 10.4 udah ga seribet 9.04, entah benar atau tidak, karena yang bilang ini adalah seorang tutor Linux, bukan end user, hehe..
Tapi Ubuntu itu seperti matematika (pelajaran favorit saya waktu sekolah dulu) selalu bikin penasaran. Ada berbagai macam cara dan solusi untuk menyelesaikan sebuah masalah, asalkan rajin mencari tau, rajin bertanya, rajin berdiskusi dan rajin merepotkan orang-orang IT :D

Kenapa tertarik dengan Ubuntu?
Saya terpropaganda dengan kampanye Open Source yang digembar-gemborkan orang-orang (jawaban jujur nih). Kebetulan di pelatihan, dapetnya materi tentang Ubuntu, jadinya ya pake Ubuntu aja, kalo dapet materi Fedora, mungkin saya pake Fedora

What next?
Belajar terus. Sekarang aja lagi bersusah payah menguras energi hingga berpeluh kesah terus (hehe..sedikit lebay..), buat install modem di Jaunty. Hampir seminggu saya melakukan segala cara yang dianjurkan Om Google, dan belum ada yang berhasil :) Kalo udah begini, i just wanna say : I hate being end user..
But, it's okay.. namanya juga belajar, kan tak kenal henti :D

Ada temen yang bilang "Kenapa install di laptop, kan sayang laptopnya, mendingan install di komputer kantor aja". Saya cuma sempat menjawab "haa??!! sayang gimana??!!", tadinya mau jelasin panjang lebar, tapi gak sempat. Pertama, komputer yang saya pakai untuk kerja di kantor adalah ya laptop saya ini, jadi ya tepatlah saya menginstall Ubuntu (fasilitas negara di kantor memang agak terbatas). Kedua, Kenapa sayang? sayang kenapa? Ilmu yang sudah didapat tapi ga diamalkan, itu baru namanya sayang..

Well, bagi saya yang paling berkesan tentang Open Source adalah mencontoh para penemu besar yang tidak pernah mempatenkan hasil penemuannya, ia menyerahkan hasil penemuannya kepada publik untuk dimanfaatkan dan dikembangkan. Bukankah ilmu itu untuk diamalkan dan diajarkan pada orang lain, bukan untuk dikomersialkan.




1 Response to "Welcome Jaunty Jackalope !!"

  1. 16 September says:
    11 Januari 2011 pukul 17.08

    Aih... aih...

    ubuntu lover.... :-D

Posting Komentar