Pengukir Tinta Emas


Wanita yang berderajat tinggi di setiap perkara. Terjaga dari setiap tipu daya dunia ini. Perkataannya adalah dzikir, pandangannya mengandung pelajaran dan diamnya adalah berfikir. Bumi dan semua yang berada di atasnya akan menerimanya, akan mengalir kepadanya ucapan selamat dan pujian dan doa dari semua makhluk. Allah menjauhkannya dari kesempitan dan ketakutan. Mereka tidur dengan tenang bersama doa orang-orang yang beriman. Dan bangun dengan ucapan “selamat bahagia” untuknya. Sungguh kebahagiaan bukan terletak pada harta simpanan, tetapi pada ketaatan yang mulia, bukan pada baju besi dan juga bukan pada pelayanan para hamba tetapi pada ketakwaan yang mulia.


“Perempuan penghuni surga terbaik adalah Khadijah binti Khuwailid, Fathimah binti Muhammad, Asiah binti Muzahim, dan Maryam binti Imran” (HR Imam Ahmad)

Khadijah ra, Pengayom yang tegar dan rela berkorban

Rasulullah saw berkata tentang Khodijah, “Tidak, Demi Allah, tidak ada yang bisa menggantikannya. DIa beriman kepadaku di saat kebanyakan orang menentangku. Dia membenarkanku di saat mereka mendustakanku, dia membantuku dengan hartanya di saat mereka meninggalkanku”

Fathimah binti Muhammad, Puncak kesabaran dalam kesederhanaan

Aisyah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda: “Wahai Fathimah, tidakkah anda puas menjadi sayyidah dari wanita sedunia (atau) menjadi wanita tertinggi dari semua wanita dari ummat ini atau wanita mukmin”

Asiyah binti Muzahim, Pejuang di tengah kezaliman

“Dan Allah membuat istri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata, ‘ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisiMu dalam surge dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim” (QS At Tahrim : 11)

Maryam binti Imran, Tawakal dan berani hadapi tantangan

“dan ingatlah Maryam utrid Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan kedalam rahimnya sebagian dari roh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat-kalimat Rabbnya dan kitab-kitabNya dan dia termasuk orang yang taat” (At tahrim : 12)”

Wanita itu bintangnya langit, dan bintangnya kegelapan

Cut Nyak Dhien, Malahayati, Laksamana Malahayati dan Cut Meutia (Aceh) Christina Martha Tiahohu (Maluku), Nyi Ageng Serang, Dewi Sartika (Sunda), HR. Rasuna Said, Rahmah el-Yunusiyah (Sumatera Barat), Nyi Walidah KH. A. Dahlan, RA Kartini (Jawa), Maria Walanda Maramis (Manado)

Jika wanita cantik itu mutiara, maka wanita mulia adalah kekayaan yang tak terhingga

Aisyah binti Abu Bakar, Asma binti Abu Bakar , Al-Khansa binti Amru , Zainab binti Khuzaimah, Ummu Salamah, Ummu Aiman, Shafiyyah binti Abdul Mutholib, Sumayyah binti Khayyat, Ruba’I binti Ma’udz

Wanita adalah matahari, tetapi ia tidak terbenam

Shirin Ebadi (Muslimah penerima nobel pertama), Hiba Daraghmen (syahidah Palestina), Pipit Senja (Penulis), Helvi Tiana Rosa (Penulis), Ummu Shalih (Penghafal Qur’an berusia 82 tahun), Asma Nadia (Penulis dan Pengusaha Penerbitan), Ade Aisyah (Pendiri Sekolah Kaum Dhuafa), Harini Bambang Wahono (Aktivis Lingkungan)

Wanita mempersembahkan orang-orang besar bagi dunia

Raudhah (Ibuku)

............................................................................................................

Saudariku, lihatlah mereka itu, para wanita yang telah terukir namanya dengan tinta emas dalam sejarah. Maka di manakah peran kita?

...............................................................................................................

Wahai wanita yang paling bahagia

Dengan agama dan akhlaknya

Tanpa mutiara, tanpa kalung dan tanpa emas

Tapi dengan tasbih

Yang bagaikan pembawa kabar gembira

Bagaikan tetes hujan, bagaikan fajar,

Bagaikan pancaran cahaya dan bagaikan awan

Di dalam sujud, dalam doa, dalam kedekatan

Dalam renungan di antara cahaya Lauhul mahfudz dan kitab-kitaNya

Dalam kilatan cahaya dari Gua Hira

Dari utusan Tuhanmu pada bangsa Arab dan Romawi

Maka engkaulah wanita paling bahagia di dunia

Dlaam hatimu yang bersih

Yang engkau suburkan dengan dekat kepada Allah

(DR ‘Aidh Al Qarny)


0 Response to "Pengukir Tinta Emas"

Posting Komentar