[EnjoyJakarta] Menikmati Pesona Bahari di Pulau Pari


Ingin menikmati keindahan alam sekaligus ketenangan di Jakarta? Tentu saja bisa. Datanglah ke Pulau Pari di Kepulauan Seribu. Ya, Pulau Pari menawarkan keindahan, ketenangan, dan kesunyian yang dirindukan para pengunjung dari kota yang ramai dan padat penduduk, terutama para backpacker yang berburu liburan murah.

Pulau Pari merupakan salah satu dari gugusan pulau wisata bahari di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Dengan jumlah penduduk yang sedikit, rumah tinggal yang tidak terlalu padat, serta pengunjung yang dibatasi maksimal hanya 200 orang, Pulau Pari memiliki suasana yang penuh dengan ketenangan. Untuk mencapai Pulau Pari, kita dapat menggunakan speed boat dari Marina Ancol selama 1 jam atau jika ingin biaya lebih murah, pilihlah transportasi dengan menggunakan kapal kayu dari Pelabuhan Muara Angke dengan lama perjalanan ± 2 jam.  




Untuk keperluan penelitian, Pemerintah membangun Pusat Penelitian Oseanografi LIPI di Pulau Pari, inilah salah satu sebab mengapa ekosistem dan biota laut di Pulau Pari masih terjaga dengan baik, selain karena penduduk sangat menjaga lingkungan tempat tinggal mereka tentunya.

Ada banyak homestay nyaman yang disediakan di Pulau Pari. Pengunjung yang sudah memesan paket travel biasanya akan mendapatkan fasilitas lengkap seperti Local Guide, homestay, sepeda, sewa peralatan snorkeling, serta Barbekyu di malam hari. Pengunjung yang ingin datang tanpa memesan paket travel pun memungkinkan untuk menikmati wisata bahari yang berbasis masyarakat ini. Salah satu  kelebihan dari Pulau Pari adalah penduduknya begitu kompak dan ramah melayani para pengunjung. Itinerary yang ditawarkan pada para pengunjung (meski berbeda rombongan) dilaksanakan secara serentak, sehingga seluruh aktivitas wisata terlihat tertib dan rapi.

Menjelajah Pulau Pari tak perlu khawatir kelelahan, karena untuk masing-masing pengunjung disediakan Sepeda. Jangan bayangkan ada jalan beraspal atau kendaraan roda 4 di sini, jalan utama di Pulau Pari adalah jalan yang diberi paving blok, dengan sepeda hilir mudik, dan sesekali motor atau gerobak motor (untuk yang tidak bisa naik sepeda/motor).


Siang hari setelah makan, aktivitas snorkeling dimulai secara serentak. Beberapa kapal kecil dikerahkan untuk mengangkut para pengunjung yang akan snorkeling di lokasi Bintang Rama dan Dermaga APL. Terik matahari yang menyengat  akan terlupakan saat terjun ke  dalam air laut yang jernih dan penuh pemandangan yang mempesona. Siluet cahaya matahari yang menerabas permukaan air laut menambah indah terumbu karang, tumbuhan anemone laut yang melambai-lambai, ikan-ikan mungil warna-warni yang berenang kesana kemari, serta beraneka ragam biota laut lainnya. Usai snorkeling, ada beberapa water sport yang bisa dicoba seperti jetski, banana boat dan donat boat. 

Di malam hari kita akan dimanjakan dengan hidangan Barbekyu di pinggir pantai. Penduduk Pulau Pari yang bertugas melayani pengunjung membuat api unggun besar untuk memanggang aneka makanan laut, dan para tamu duduk beralaskan tikar di sekeliling api unggun, sesekali ada tamu yang penasaran ingin memanggang makanannya sendiri, diselingi canda tawa. Suasana keakraban yang menyenangkan. Di sudut pulau yang lain ada Pasar Malam yang bisa kita datangi jika tertarik untuk berbelanja.

Keindahan yang mempesona lainnya adalah Pantai Pasir Perawan. Tempat yang tak boleh dilewatkan untuk menikmati matahari terbit sepanjang pagi di Pulau Pari. Pasirnya yang putih dan lembut, air laut yang jernih dan tenang tanpa ombak, hamparan hutan bakau dengan aneka ragam ikan dibawahnya, membuat betah untuk berlama-lama ada di sana. Kita bisa memuaskan diri untuk sekedar duduk-duduk di pinggir pantai atau berenang di laut, bahkan mengelilingi hutan bakau dengan kano. Jika takut panas, ada banyak pohon rindang dengan ayunan yang dipasang dibawahnya atau gubuk-gubuk yang menjajakan bebagai macam jajanan.



Liburan di Pulau Pari memenuhi segala kerinduan akan kedamaian dan ketenangan dari keriuhan hidup di kota. Dengan biaya yang cukup murah, Pulau Pari juga menjanjikan keindahan alam dan keanekaragaman biota laut, sehingga menjadi liburan tak terlupakan. Selamat berlibur di Pulau Pari, Enjoy Jakarta!












1 Response to "[EnjoyJakarta] Menikmati Pesona Bahari di Pulau Pari"

  1. Mohamadekonugroho says:
    4 Desember 2012 pukul 22.21

    Tolong cantumkan screen shoot twiit bukti follow @VIVA_log @JakartaTourism
    dan bukti bahwa postingan anda telah di twitt di twitter pribadi anda. Untuk tahapan berikutnya silahkan kirim data diri, alamat tempat tinggal, dan no telpon yang bisa dihubungi ke alamat email yang tertera dibawah.

    Terima kasih,
    VIVAlog
    putri.megasari@viva.co.id

Posting Komentar