Pulang Ke Kotaku (1)


Sejak pindah ke tengah kota Megapolitan bernama Jakarta Pusat, saya bingung tujuh keliling, rute angkutan apa yang paling tepat dan cepat kalo saya pulang kampung ke kota kecil nan nyaman bernama Sukabumi. Masalah yang utama yang membuat saya bingung adalah :

  1. Tempat saya tinggal sekarang jauh dari terminal bis manapun di Jakarta
  2. Jam pulang kerja di hari jumat adalah jam 16.30 dan jam masuk kerja di hari senin jam 07.30. Ini sangat mengkhawatirkan saya, karena jika pulang di jumat sore, kondisi jalanan sangat macet (puncak kemacetan di akhir pekan). Dan jika kembali ke Jakarta di senin pagi sangat tidak memungkinkan karena waktunya gak terkejar


Setelah survey sana-sini, Tanya sana-sini, googling sana-sini, saya menemukan beberapa alternative rute angkutan umum dari tempat saya di daerah tanah abang ke sukabumi :

  1. Dari tanah abang 1 naik angkot 08 ke shelter Trans Jakarta Harmoni. Dari harmoni naik trans Jakarta jurusan lebak bulus. Dari lebak bulus naik bis parung indah jurusan sukabumi
  2. Dari tanah abang 1 naik angkot 08 ke perempatan serong. Dari perempatan serong naik patas jurusan kampung rambutan. Dari kampung rambutan naik bis jurusan sukabumi.
  3. Dari tanah abang 1 naik angkot 08 ke stasiun tanah abang. Dari stasiun tanah abang naikkereta express (biar cepat) ke stasiun bogor. Dari stasiun bogor naik angkot 03 ke terminal bogor. Dilanjutkan dengan naik Elf ke sukabumi atau naik bis jurusan sukabumi

Hanya skenario 1 dan 3 yang pernah saya jalankan. Skenario 2 menurut saya paling beresiko karena jalur bis yang menuju kampung rambutan dari tanah abang pasti sangatlah macet, apalagi di jumat malam. Skenario 1 baik jika dijalankan di pagi hari. Hanya membutuhkan waktu satu jam dari harmoni menuju lebak bulus. Jalanan di Jakarta bebas dari macet di sabtu dan minggu pagi. Tapi sayangnya justru kemacetan puncak ada di sepanjang di jalur ciawi-sukabumi. Jadi saya membutuhkan waktu sekitar 5 jam dari tanah abang 1 sampai sukabumi.

Skenario 3 baiknya dijalankan jika pulang di hari jumat sore. Kereta express hanya butuh waktu 45 menit untuk sampai ke bogor. Dan akan lebih cepat lagi jika dari terminal bogor naik elf ke sukabumi. Total waktu yang dibutuhkan sekitar 4 jam (itu sudah plus ngetem). Dan di malam hari jalur ciawi-sukabumi jarang sekali macet. Tapi siap-siap aja, senam jantung sepanjang perjalanan, supir-supir Elf, kalo mengemudi gak inget di mobilnya ada banyak manusia. Tapi Alhamdulillah selama ini saya aman-aman saja.

Perjalanan pulang sama seperti 3 skenario di atas, tinggal dibalik saja. Tapi saya lebih suka skenario 3, karena saya akan terus berada di bis AC. Karena jarak tempuh yang lama, saya gak kuat berlama-lama di dalam bis yang tidak ber-AC, panas dan penuh asap rokok, menyiksa sekali.

1 Response to "Pulang Ke Kotaku (1)"

  1. Anonim Says:
    28 Agustus 2010 pukul 15.43

    kalo saya dulu medingan naik kereta dari st kota, sambung lagi naik kreta ke smi, duduknya dipintu. itu dulu waktu masih di sunter. sekarang ???

Posting Komentar