Let's Do It, that we love this country


"Keprihatinan, seperti halnya kebanggaan, juga kecemasan, seperti halnya optimisme—semua itu adalah pertanda rasa ikut memiliki. Atau rasa terpanggil. Barangkali karena tanah air memang bukan cuma sepotong geografi dan selintas sejarah. Barangkali karena tanah air adalah juga sebuah panggilan” -Goenawan Mohamad-


Membaca quote ini saya baru mengerti, mengapa ada banyak anak negeri bernama Indonesia melakukan dua hal berikut :

  1. Di hari-hari besar nasional (HUT Kemerdekaan RI, Hari Kebangkitan Nasional, Hari Kartini, dll), dengan lantang berteriak sambil mengepalkan tangannya “Saya bangga dan cinta pada tanah air Indonesia”
  2. Di saat harga-harga naik, atau saat ada koruptor yang terbukti bersalah dinyatakan bebas, atau saat melihat fasilitas umum sedang rusak, pun dengan lantang dan tanpa ragu memaki-maki pihak-pihak yang terkait.


Ah..manusia.. Penduduk negeri ini pun manusia, yang telah lahir dan dibesarkan di negeri ini, yang meski kapasitasnya berbeda, tapi masing-masing pasti punya rasa memiliki, then I agree with that quote.


Saya pernah mengalami hal ini berkali-kali, ada kumpulan beberapa orang, asli orang Indonesia. Lalu lemparkan satu topik yang sedang hangat dibicarakan di negeri ini. Lima menit saja, masing-masing dari mereka sudah bisa menjadi pembicara yang hebat, mengutarakan dengan detail permasalahan terkait topik tersebut, lengkap dengan berbagai macam solusi-solusinya, hebat bukan?


Teringat slogan sebuah perusahaan asuransi terkemuka “always listening, always understanding”. Seandainya sang eksekutor, sang legislator, dan sang yudikator mau mendengarkan lebih banyak (dan lebih sering) suara-suara di sekitar mereka, barangkali keruwetan mereka “mengurus” negeri ini akan terasa jauh lebih ringan.


Kemudian saya berandai-andai membayangkan ini, kumpulkan beberapa orang, asli orang Indonesia. Berikan orasi kebangsaan yang menggugah jiwa dan semangat, teriakkan kata-kata cinta tanah air. Setelah itu ajaklah mereka untuk ikut kerja bakti setiap hari minggu di lingkungan rumahnya masing-masing. See what will happen!


Well, I don’t wanna say too much. Mari lakukan (bukan buktikan), bahwa kita memang cinta tanah air!




0 Response to "Let's Do It, that we love this country"

Posting Komentar