HP Tidak Bisa Dicharge

Sebelumnya, perlu diketahui, ini bukan blog atau tulisan berbayar :)


Untuk urusan telpon dan sms, saya mempercayakan pada sebuah HP imut bermerk Samsung, type GT-E1195. Kenapa imut? karena yang punya imut-imut, hehe.. *abaikan* Karena ukurannya memang imut banget. Ini HP berjenis flip. Begini penampakannya :

Imut kan? Tapi ini bukan HP saya, cuma ngambil gambar dari internet


Dua hari yang lalu, saya sedang dalam perjalanan seharian, lupa kalo batere HP low, dan akhirnya matilah dia. Sampai di rumah, saya tidak langsung charge, karena charger ketinggalan di kost. Keesokannya, saya charge di kost, eh itu HP ga mau nge-charge, dipindah-pindah ke stop kontak lain, hasilnya tetep sama, ga mau nge-charge. Antara panik dan tidak panik. Panik karena HP ini baru dipakai sebulan (walaupun murah - 280 ribu - tapi tetep aja itu duit. Tidak panik, kan saya masih punya HP lain untuk komunikasi *mulai sombong*

Sebagai konsumen yang tak mau rugi, saya segera membawa HP ini ke Samsung Mobile Service Centre terdekat di ITC Roxy Mas. Baru pertama kali ini service HP. Service centre-nya sederhana dan modern. Yes, kemodernan ternyata tidak harus identik dengan kemewahan. Tiap Customer yang dateng harus ambil nomor antrian, kaya di bank-bank itu lho, tinggal pencet trus keluar nomor *norak*. Jadi ga ada customer yang nyelak-nyelak. Dan disinilah saya agak berbangga dengan perempuan Indonesia, karena semua petugas service centre adalah perempuan (termasuk teknisi nya).

Kembali ke HP. Saya duduk berhadapan dengan Mba teknisi.
"kenapa HPnya mba?"
"kemarin baterenya habis, trus ga bisa dicharge"
Lalu mba teknisi dengan lincah memeriksa HP saya, mencari-cari sesuatu di kolong mejanya. 3 menit kemudian, dengan tenang Mba teknisi bilang,
"HPnya ga kenapa-kenapa kok mba, ini bisa nyala"
"Hah?!?! Masa sih?" *antara senang dan malu*
"Itu pake batere saya?"
"Iya"
"Pake charger saya?"
"Iya" *gubrakkkk*
"Kemarin pasti HPnya low bat sampai mati total ya?"
"Iya mba" *tau aja Mba teknisi*
"Lain kali jangan sampai mati total, dia agak susah untuk nyala lagi, harus dipancing dulu pake batere lain"
"Oooo..gitu ya"
"Ini mau langsung diambil HPnya atau di charge dulu?"
"Dicharge dulu aja deh mba, takut mati lagi"

Bener deh, bertahun-tahun saya punya HP, baru kali ini ada kasus HP ga boleh mati total. Udah gitu pake harus dipancing sama batere lain. Tapi baiklah, daripada terjadi lagi hal yang sama, akan saya turuti nasehat Mba teknisi. 


Agak gimana gitu ya, dateng ke service centre, cuma buat ngecharge HP :D




Suatu pagi di atas kereta

"Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat" (QS Al Baqarah : 214)


Sabtu kemarin saya, mama, dan tante saya bareng-bareng pergi ke Tanah Abang naik kereta kududuk dimuka, kududuk samping pak kusir yang sedang #eh #salahfokus... :p Ceritanya mau belanja-belanji. Kita janjian ketemu di Stasiun UI jam 07.00 karena menurut jadwal, kereta akan sampai & berangkat lagi jam 07.15. Saya & mama sampai di UI jam 06.45, tante saya belum keliatan batang kacamatanya. Akhirnya saya putuskan untuk keliling stasiun cari tante, tapi nihil. jam 07.00 tepat terdengar pengumuman kalo kereta sudah masuk stasiun. Gawat, padahal jadwalnya 07.15 dan padahal tante saya belum ketauan ada di mana. Untungnya kereta berhenti agak lebih lama dari biasanya *tumben banget*, jadi dengan sigap saya telpon tante
"Tante, ada dimana?"
"Di Stasiun, diah dimana?"
"Di Stasiun juga, lah tadi kok Diah cariin ga ada" *baru kepikiran kenapa ga telpon dari tadi* -_-'
"Ada kok di pojokan"
"Ini keretanya udah ada nih, gimana dong"
"Ya udah, naek aja"

Okey, saya dan mama pun naik ke kereta, urusan ketemuan, nanti dululah. Tapi tak berapa lama, tante saya muncul dari gerbong lain. Alhamdulillah, cukup lega, ternyata beliau udah naik juga. Tapi..
"Diah, tiketnya udah dibeliin kan?" *tuingggg**
"lah..belum, kirain tante udah beli sendiri"
"belum beli, tadi kata Diah udah ada" *tuinggg lagi** 
(dalam hati : keretanya yang udah ada, bukan tiketnya)

Petugas KA mulai mendekat, saya mulai keringet dingin dan mulai menyusun rencana. Antara rencana licik dan rencana jujur. Tiba-tiba terjadilah peristiwa itu *Zoom in Zoom out*
"Pak, pak.. saya minta maaf nih pak, ini ada kesalahpahaman saya sama keponakan saya. Saya kira tiketnya sudah dibeliin ternyata belum, jadi gimana ya pak"
"aduh gimana ya bu..." *sejenak diam*
"Kalo sesuai prosedur, harusnya ibu diturunin, atau kalo ngga, harus bayar denda"
"Dendanya berapa pak?"
"Yaa...lumayan gede bu" *hening lagi, agak lama*
"Ya udah bu, coba dicari lagi tiketnya di tas"
Kemudian benar-benar hening. 

Saya berpikir agak keras mencerna kejadian ini. Pak petugas gimana tho, udah jelas-jelas tadi kita bilang ga beli tiket, kok disuruh di cari di tas. *doongggg** Dan saya pun sadar, itu sinyal dari petugas bahwa dia menoleransi kami yang ga beli tiket. Alhamdulillah, petugas yang sangat baik hati. Tak lama kemudian ada bapak-bapak yang juga baik hati memberikan tiketnya pada tante saya (karena nanti pas mau keluar stasiun biasanya diperiksa lagi). Bapak-bapak ini tak mau uang tiketnya diganti.

Subhanallah banget deh.. Mungkin bagi orang lain, kejadian seperti ini sangat remeh temeh, tapi tidak untuk saya yang mengalami langsung. Bukti bahwa pertolongan Allah itu dekat memang benar-benar terjadi. Coba bisa aja kan petugas tadi mood-nya lagi ga bagus, trus saklek memberlakukan prosedur pada kami, atau bisa aja ga ada Bapak-bapak baik hati kemudian di luar kami ditanyai tiket. 

Jadi, percaya deh kalo pertolongan Allah memang dekat, tentunya dalam berbagai cara. Dan orang-orang baik hati memang masih banyak tersebar di muka bumi ini. Juga orang-orang jujur dan mau mentaati prosedur seperti tante saya, masih banyak.. :)

Terimakasih!